Song of the month: “Anak bertanya pada bapaknya”

Ada anak bertanya pada bapaknya
buat apa berlapar-lapar puasa
ada anak bertanya pada bapaknya
tadarus tarawih apalah gunanya

Lapar mengajarmu rendah hati selalu
tadarus artinya memahami kitab suci
tarawih mendekatkan diri pada Ilahi

Lihat langit keanggunan yang indah
membuka luas dan anginpun semerbak
nafsu angkara terbelenggu dan lemah
ulah ibadah dalam ikhlas sedekah

Saya yakin Anda semua pernah mendengar lagu di atas. Lagu yang populer sejak saya kecil dulu itu memang sederhana dan mengena di pikiran. Sebagian dari kita mungkin berpikir lagu ini terlalu pendek dan yah, setelah sekian lama diputar di mana-mana, akan terdengar membosankan. Buat saya, lagu ini tak lekang oleh jaman. Setiap kali Ramadhan tiba, lagu ini biasanya selalu bergema di kepala saya, seakan sudah menjadi bagian dari rutinitas saya ketika menyambut bulan suci ini.

Kalau dipikir-pikir, lirik lagu ini sebenarnya mengena sekali meski hanya dengan lirik-lirik pendek. Dengan cerdas lagu ini menggambarkan sesuatu yang setiap orang tua alami ketika harus menjelaskan arti puasa kepada seorang anak. Hal yang wajar mendengar seorang anak (kecil) bertanya apa sih guna puasa, apa sih guna tarawih, apa bedanya bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lain yang sudah dia jalani. Dan saya rasa lagu ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjelaskan secara sederhana dan juga, menyenangkan (meski mungkin bagian kedua lagu ini akan terasa agak sedikit membingungkan buat mereka :P). Tidak bisa tidak, salut untuk Bimbo yang bisa membuat lagu simple nan menyenangkan, dan juga tak lekang masa (setidaknya buat saya :D).

PS: Sebenarnya ide menulis tentang lagu ini juga tidak disengaja, ketika saya (untuk kesekian kali) mendendangkan lagu ini saat beraktivitas. Saya pikir lagu ini cerdas juga ya, menggambarkan secara simpel tentang puasa dan tarawih kepada anak. Jadi tak ada salahnya mengulas secara singkat di sini 😉

Advertisements

5 thoughts on “Song of the month: “Anak bertanya pada bapaknya”

  1. Reblogged this on Ecchan's Chamber and commented:
    walaupun sekarang lagu2 bertemakan religi semakin banyak dan menyeruak setiap Ramadhan, tapi memang buat chan lagu2nya BIMBO emang no.1.. liriknya simpel, mudah diingat dan nadanya catchy 😀
    Lagian.. lagu2 jadul ituh mesti liriknya pendek2 dan dibuat berulang2 *lirik lagu2nya Koes Plus*

    • @Ecchan: sama dong Chan *toss* Lagunya Bimbo itu awet banget, selalu jadi favoritku kalo Ramadhan daripada lagu2 lainnya.. 😀
      Eh, baru tau kalo Chan fansnya Koes Plus 😛

      • biasa aja siyh ama Koes Plus.. tapi emang lagu2 jaman dulu tuh diulang2 kan? *lirik2 The Beatles juga*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s