Random post menjelang tidur…

Yap, post random sebelum saya tidur malam ini. Sebetulnya post ini juga didorong hasrat menggebu dari dalam yang tidak diimbangi oleh kesigapan otak dan mata. Saya berusaha menggali lagi ide-ide menarik untuk ditulis, tapi entah mengapa seluruhnya hanya bercampur baur di kepala dan tidak mengarah menuju ke sebuah topik tertentu. Supaya aman dan tidak “dihakimi”, muncullah random post ini: tidak perlu teratur, tidak perlu mengerucut pada satu topik, yang penting nulis!! 😛

Belakangan saya sedikit merasakan gelisah dalam diri saya, tidak hanya mengenai pekerjaan namun juga kehidupan saya sekarang. Entah mengapa gairah dalam diri saya seperti meredup, tidak semenggebu sebelumnya. Hal ini agak mengkhawatirkan (awalnya), karena biasanya saya sangat termotivasi dengan pekerjaan saya dan bisa dikatakan sebagian besar waktu saya terfokus padanya. Ada kepuasan yang biasanya muncul setiap saya berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu. Demikian pula dalam kehidupan sehari-hari saya, yang biasanya saya nantikan untuk diisi dengan kegiatan tertentu atau bertemu dengan teman-teman.

Kebosanan adalah dugaan saya yang pertama, karena saya memang terkadang tidak bisa melakukan suatu pekerjaan yang sama terus menerus. Tapi sesuatu yang lain bekelebat di benak, mungkin disebabkan juga oleh buku yang sedang saya baca saat ini: apakah saya mulai mencari passion saya? Apakah saya mulai merasakan bahwa apa yang saya lakukan sekarang sebenarnya bukan passion saya dan bukan sesuatu yang memberikan arti buat saya? Apakah saya mulai menyadari bahwa saya hanya ingin melakukan sesuatu yang membuat saya bahagia dan merasa hidup?

Menemukan passion itu tidak semudah membalik telapak tangan, khususnya jika kita sudah masuk ke kehidupan dewasa yang kebanyakan diatur oleh pekerjaan dan kewajiban-kewajiban lainnya: sulit mengenali apakah kita bahagia atau sekedar puas dengan apa yang kita kerjakan sekarang. Saya menanti saat di mana saya mengerjakan sesuatu yang membuat saya begitu bersemangat, dan tidak sabar untuk memulai hari baru dengan segala kesibukannya. Memang tidak mudah, tapi jika dimulai sekarang, siapa tahu? Mungkin 10 tahun lagi saya akan sukses di bidang yang saya cintai dan memiliki arti untuk saya. Amin insya Allah 🙂

Leave a Reply

