Setelah meeting awal tahun di Filipina…

…saya kembali ke Jakarta dengan informasi baru, hubungan yang lebih kuat dengan rekan-rekan di sana dan motivasi baru untuk bekerja. Bertemu dengan orang-orang yang selama ini hanya bisa saya hubungi lewat telepon ataupun email ternyata memberikan suasana baru yang sama sekali berbeda. Saya merasa saya bertemu dengan teman-teman dekat yang sudah lama sekali tidak saya temui. Padahal, hanpir semuanya baru saya temui kemarin. Mungkin karena seringnya saya berkomunikasi dengan mereka, kami bisa langsung nyambung ketika bertemu *uhuk* 😛

Saya ingat tahun lalu saya menghadiri meeting serupa di Surabaya, tepat ketika saya baru bergabung sekitar 6 bulan di kantor saya yang sekarang ini. Namanya juga baru 6 bulan bekerja dengan pemahaman secukupnya, saya waktu itu lebih sering “lolak lolok” alias bingung dengan berbagai istilah dan ulasan yang dipresentasikan kala itu. Sekarang, setahun kemudian saya berada di meeting yang serupa dengan pemahaman yang lebih dalam dan justru berperan memberikan informasi pada partner-partner saya yang baru. Tak urung saya bersyukur dan merenung betapa waktu berlalu dengan cepat dan membawa saya ke posisi yang berbeda dengan sebelumnya.

Jujur, selama saya meeting kemarin, saya banyak berpikir tentang masa depan. Mungkin karena saya bertemu dengan teman-teman baru saya dengan posisi mereka masing-masing. Mungkin juga karena informasi-informasi yang saya dapatkan selama meeting berlangsung. Tak serius memang, tapi pergulatan pikiran mengenai langkah apa yang akan saya ambil 2 – 3 tahun ke depan melintas dan mau tak mau saya terkesiap. Rupanya saya belum sesiap itu menyiapkan masa depan saya. Saya tahu ada satu, dua bahkan mungkin lima tujuan hidup  utama yang ingin saya capai, tidak hanya untuk saya,namun juga untuk keluarga saya. Tapi kapan dan bagaimana saya mencapainya, itu belum terpikirkan secara mendetail.

Lucu juga bagaimana meeting seminggu di Filipina bisa membawa saya berpikir sedalam itu, dan saya bahkan tidak sempat berpikir tentang pekerjaan saya minggu ini! (mengingat saya seorang semi-workaholic, itu terdengar sedikit aneh :P). Toh saya bersyukur mendapat kesempatan untuk mengikuti meeting tersebut. Tidak hanya mendapatkan pengetahuan lebih, saya mengenal lebih dekat rekan-rekan saya di sana dan bisa dikatakan mendapatkan “teman” baru. Dan semangat baru untuk menentukan masa depan saya sendiri, that’s one of the greatest parts 🙂

2 thoughts on “Setelah meeting awal tahun di Filipina…

    • Hehehe.. Alhamdulillah saya beruntung bisa meeting di luar Indonesia 😛
      Sayangnya kemarin belum sempet jalan-jalan dan foto-foto… Insya Allah kalau ada kesempatan lagi harus dapet foto yang banyak nih :))

Leave a Reply

