Tentang malam tahun baru

Dari tahun ke tahun, bisa dikatakan saya hampir tidak pernah merayakan tahun baru (kecuali tahun lalu ketika saya diundang teman kantor ke rumahnya). Kebetulan keluarga saya tidak membiasakan saya dan adik-adik saya untuk berpesta atau ber-‘hedon’ ria di malam pergantian tahun karena sebenarnya memang hal itu tidak penting dan tidak menambah nilai apapun. Seringnya kami tinggal di rumah, menonton TV, ngobrol, mungkin makan enak ataupun ngeblog (yang terakhir ini sih niat saya malam ini :P).

Jadi ketika siang ini saya kebetulan melihat ramainya orang memenuhi salon untuk persiapan malam tahun baru, mau tak mau terpikir juga oleh saya; apa saja yang dilakukan orang-orang (khususnya Jakarta) di malam tahun baru. Tentu, berpesta adalah pilihan utama hampir semua orang. Pergi ke luar kota (mungkin untuk berpesta juga?) sepertinya menjadi favorit kedua melihat kemacetan ke arah Puncak atau Bandung seperti yang diberitakan di TV. Ada juga yang memilih hanya berkumpul bersama keluarga seperti yang umumnya keluarga saya lakukan.

Yang sedikit membuat penasaran, ada nggak ya orang yang menghabiskan malam tahun baru dengan saudara-saudara kita yang kekurangan? Entah ke panti asuhan untuk makan bersama, atau sekedar berbagi rejeki dengan anak-anak yang berkeliaran di jalanan. Saya rasa pasti ada, hanya mungkin jumlahnya sangat sedikit dibandingkan mereka yang ber’hedon’ ria di kota.

Bukan maksud saya untuk menghakimi atau berkata bahwa cara yang satu lebih baik dari yang lain, karena hey, itu pilihan kita sendiri kan? Mungkin yang ingin saya tekankan adalah tidak perlunya mengidentikkan tahun baru dengan perayaan yang berlebihan, atau mengidentikkan malam tahun baru dengan pesta. Tahun baru ya tahun baru. Tahun di mana tantangan baru muncul, dan akan mendorong kita menjadi pribadi yang harapannya, lebih baik.

Jadi, apa yang Anda lakukan di malam tahun baru ini? Yang manapun, semoga Anda menikmatinya ya 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Tentang malam tahun baru

  1. mine? chan nonton bareng acara Kouhaku Uta Gassen di channel NHK soalnya ada arashi ama jkt48 disana XD LOL ya.. skalian refreshing, mbei 🙂

    you should go somewhere and refresh ur mind too..

    • Waa..senengnya yang nonton bareng Arashi XD (btw, jkt48 apaan yak Chan? :P).

      Malem ini sih janji nemenin Diba yg lg sakit, besok mgkn mau jalan2 sendiri, hihihi.. :))

      Main Jakarta dong Chan :/

  2. Met sore,
    Ah betul untuk sayah juga tak ada malam tahun baru itu dirayakan. Semua sederhana ajah, toh cuma pergantian tahun saja yg tak akan berarti apa-apa kalau tahun depannya tidak kita isi dg kebaikan dan perbaikan di segala bidang sesuai lingkup kita.
    Jadi buat sayah, cukup berkumpul seluruh anggota keluarga aja sudah istimewa di malam tahun baru ini. Maklum, sekarang kumpul “full” agak susah setelah yg paling gede kuliah di Bandung.
    Salam,

    • Sama dengan saya bang, buat saya berkumpul bersama keluarga sudah terasa istimewa, mengingat keluarga kami sudah ‘mencar’ alias terpisah-pisah; adik di Kupang, mama+adik satunya di Sby dan Bapak di Bekasi.

      Semoga malam tahun barunya menyenangkan yah bang. Salam hangat untuk keluarga 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s