Tentang Resolusi 2012

Apa cuma saya saja yang merasa tahun 2011 berjalan cepat, atau hampir semua orang merasakan hal yang sama? Sepertinya baru minggu kemarin saya membuat resolusi 2011 saya, dan tahu-tahu saja tahun 2012 sudah mengintip di depan sana (ya, kamu! Tahun 2012 yang sudah menyiapkan banyak tantangan buat saya!). Mau tak mau saya tergelitik untuk melihat apakah saya berhasil melakukan hal-hal yang saya niatkan di awal 2011 kemarin. Hmm… mari cek!

  • Memperbaiki ibadah, khususnya kualitas hubungan dengan Allah SWT >> Jujur, saya speechless. Rasanya belum ada perbaikan kualitas sampai sekarang… memalukan sebenarnya kalau diingat 😦
  • Improve time management (kerja, hidup, keluarga…) >> saya bisa bilang, ada improvement meski tak banyak..
  • Menjadi lebih proaktif, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari >> masih bisa lebih proaktif..
  • Nurunin BB 5 KG >> Pret!
  • Nyelesaiin 5 cerpen! >> 2 cerpen super pendek di tangan 🙂
  • Minimal dapet 6 foto untuk diupload di fotografer.net >> 2 foto berhasil diupload
  • Pake kawat gigi >> Check! Setidaknya resolusi yang bertahan selama 3 tahun di list saya ini bisa dicoret! 🙂
  • Belajar bahasa Jepang (lagi…) >> nyantol di pembelajaran hiragana lagi :/

Jelaslah kalau resolusi 2011 saya tidak semuanya tercapai, sama seperti resolusi saya di tahun-tahun sebelumnya. Dan mungkin sama seperti tahun-tahun sebelumnya juga, resolusi ini akan bertahan di daftar saya untuk tahun selanjutnya, dan selanjutnya, dan selanjutnya….. Kenyataan yang membuat saya bertanya-tanya akan komitmen saya pada diri saya sendiri *garuk-garuk kepala*.

Sebenarnya kalau dipikir-pikir, pembuatan resolusi tahun baru tidak segitunya penting. Kalau kita memang mau berubah menjadi lebih baik, kita bisa lakukan kapan pun kita mau, tanpa perlu menunggu waktu tertentu. Tapi kadang (atau seringkali?) orang merasa kesulitan menemukan waktu yang “pas” untuk melakukan perubahan itu. Selalu ada yang kurang tepat, entah karena belum waktunya-lah, terlalu sibuk-lah, terlalu capek-lah…. Sehingga terbersit kesimpulan lucu di benak saya: tidak akan pernah ada waktu yang tepat untuk berubah! Kecuali, tentunya, ketika kita sudah memutuskan untuk berubah saat itu juga dan mengimplementasikannya dengan tindakan! 🙂

Tentu, itu tidak selalu mudah. Lebih banyak orang yang menyerah kepada alasan-alasannya untuk tidak berubah, daripada “berkorban” dan meluangkan waktunya untuk memulai perubahan itu. Saya sendiri cenderung suka menunda-nunda perubahan yang saya rencanakan sendiri (!), dan padahal perubahan itu untuk membuat saya menjadi lebih baik (yah, tentu tidak ada gunanya jika perubahan itu membawa kita ke arah lebih buruk… :P). Tak heran, resolusi tahun baru selalu menjadi kesempatan yang saya pergunakan untuk mencambuk diri saya untuk berubah menjadi lebih baik.

Dan dengan semangat itu, saya pun mencanangkan resolusi 2012 saya, yang pada dasarnya merupakan resolusi 2011 saya yang belum tercapai *uhuk*: memperbaiki ibadah, khususnya kualitas hubungan dengan Allah SWT, improve time management and work management, ditambah proaktif dalam bertindak. Mungkin yang sedikit membedakan adalah adanya tambahan resolusi *uhuk lagi* yaitu belajar bahasa Perancis dan pergi ke Kupang untuk berlibur bersama adik saya. Bagaimanakah nasib resolusi 2012 ini? Kita lihat nanti di akhir tahun 2012 yah 🙂

3 thoughts on “Tentang Resolusi 2012

  1. Pingback: Apa kabarnya Resolusi 2012? « Babbling place for Niken

Leave a Reply

