Movie review: Puss in Boots (2011)

Judul : Puss in Boots
Sutradara : Chris Miller
Stars : Antonio Banderas, Salma Hayek, Zach Galifianakis
Tahun : 2011

Saya bukan penggemar berat animasi, meski saya bisa menikmati hampir semua film animasi yang saya tonton. Tentu, ada beberapa animasi yang menurut saya terlalu klise (tidak bisa saya salahkan juga… topik sederhana akan lebih mudah dimengerti anak-anak kan?), tapi beberapa yang lain cukup cerdas serta menghibur, sehingga saya sama sekali tidak merasa menyesal sudah menontonnya. Puss in Boots, sejujurnya, tidak termasuk salah satu yang ingin saya tonton di awalnya, sesuka apapun saya terhadap kucing. Padahal saya cukup menyukai Shrek, film animasi pertama yang mengenalkan saya pada tokoh si Puss; mungkin karena saya memang sedang bosan menonton animasi? Toh, karena satu dan lain hal, saya akhirnya nonton juga animasi tentang si kucing bersepatu bot itu 😛

Puss in Boots bercerita tentang petualangan Puss sebagai seorang buronan jauh sebelum ia bertemu Shrek. Puss (Antonio Banderas) sejatinya adalah seorang pahlawan di kotanya terdahulu, namun karena pengkhianatan temannya, si telur Humpty Dumpty (Zach Galifianakis), dia lebih dikenal sebagai seorang buronan yang telah merampok habis bank utama kotanya. Siapa sangka, di tengah pelariannya, dia kembali bertemu dengan musuh bebuyutannya, Humpty, dengan perantara Kitty Softpaws (Salma Hayek). Humpty mengajak Puss untuk bekerja sama mencuri kacang ajaib dari pasangan perampok, Jack dan Jill. Dengan kacang ajaib itu, Humpty berniat ke negeri di atas awan dan mencuri telur emas untuk membayar kerugian di kota asal mereka akibat perampokan yang ia dalangi. Dengan tujuan mengembalikan nama baiknya dan juga memperoleh kembali kepercayaan ibu asuhnya, Puss pun setuju untuk menolong Humpty dan Kitty mencuri kacang ajaib dan mencari telur emas tersebut.

Rencana tinggal rencana, ketika Puss menyadari bahwa Humpty menjebaknya dengan rencana tersebut dan justru menjebloskan dia (lagi) di sel kotanya untuk kedua kalinya. Lalu bagaimanakah nasib Puss? Dapatkah dia keluar dari sel dan kemudian memperoleh nama baiknya kembali?

Seperti film animasi lain yang saya tonton, satu hal yang membuat saya suka dengan film ini adalah animasinya sendiri. Warna-warna yang digunakan cukup menarik dan menyenangkan, meski mungkin tidak sedinamis Tintin. Puss sendiri digambarkan dengan sangat lucu dan imut, sebagaimana karakter kucing-kucing lain di film ini. Sebagai pecinta kucing, melihat kucing bertebaran di layar bioskop jelas membuat saya tersenyum terus sepanjang film. Untuk plotnya sendiri, saya bisa katakan lumayan dan sedikit mengejutkan di akhirnya meski tidak membuat saya berpikir “wow!”. Ada saat di mana saya berpikir ada bagian yang hilang dari keseluruhan alur, dan itu sedikit banyak mengurangi penilaian saya. Sedangkan dari sisi karakter, saya bisa bilang tidak ada yang istimewa, bahkan karakter utama alias si Puss. Yang sedikit membuat saya tertarik adalah karakter Kitty Softpaws, namun itu pun hanya di akhir film. Humpty sama sekali tidak membuat saya tersentuh, padahal saya sering tertarik pada tokoh antagonis.

Secara keseluruhan, film ini cukup menarik untuk ditonton sebagai hiburan di kala penat, terutama bersama keluarga atau teman dekat. Not bad at all 🙂

2 thoughts on “Movie review: Puss in Boots (2011)

  1. film yang ‘cukup biasa’. tapi memang animasinya menarik sih. terutama kalo di sinema 3D.
    mungkin memang targetnya sebagai film keluarga, jadi ceritanya ringan2 aja 😀

    • Yup, memang ceritanya nggak terlalu heboh, cocok buat ditonton pas senggang bareng keluarga. Film sederhana yang nggak membuat kita berpikir keras nontonnya 😛

Leave a Reply

