Such a tough week for me….

Itulah kesimpulan yang saya tarik minggu ini. Mulai dari terkena sakit radang / infeksi tenggorokan yang menyebabkan kehilangan suara dan nggak masuk kantor, kerjaan segunung yang sulit untuk diselesaikan semuanya dalam satu waktu sekaligus, anak baru yang sementara saya biarkan “menganggur” karena saya mengejar deadline report, bentakan dan keluhan dari supervisor saya yang merasa kecewa akan kinerja saya……… Semua hal pahit, menyedihkan, terkadang lucu atau konyol, bercampur menjadi satu, menjadikan minggu ini minggu yang menarik, berat dan melelahkan untuk saya. Alhamdulillah, meski sempat stress berat dan kelelahan, saya bisa menyelesaikan beberapa deadline saya dengan baik pada hari Jumat, dan perasaan saya juga menjadi lebih ringan. Setidaknya saya masih berhasil mengontrol emosi saya untuk tidak terlarut dalam keputusasaan yang sempat menyerang saya pada awal minggu šŸ™‚

Mungkin yang paling mengganggu saya adalah perasaan bahwa saya tidak terlalu produktif minggu ini. Bagaimana tidak, Senin saya “diusir” dari kantor karena batuk-batuk dan hampir tidak bisa bicara šŸ˜› Akhirnya saya ngacir ke dokter, mendapatkan obat yang luar biasa MUAHAL dan beristirahat sehari penuh. Keesokan harinya keadaan tubuh membaik, tapi suara justru habis total…. Batuk-batuk kembali membuat saya susah berkonsentrasi bekerja, meski saya tetap kerja hingga waktu pulang kantor. Barulah hari Rabu & Kamis saya memaksakan diri untuk lembur demi mengejar deadline hari Jumat.. šŸ˜›Ā 

Saya tahu saya bisa lebih baik dari itu. Okelah, mungkin sakitĀ menjadi salah satu alasan mengapa saya tidak produktif minggu ini. Toh, tetap saja, ada hal-hal yang bisaĀ saya perbaiki agar ke depannya tidak terjadi lagi hal semacam ini šŸ™‚ :

  • Jaga asupan gizi dan olahraga teratur. Saya akui, beberapa minggu terakhir saya agak parah mengurangi asupan gizi saya, gara-gara ingin menurunkan berat badan saya yang naik 2 KG bulan lalu. Ditambah pekerjaan yang segunung, wajar kalau badan saya lama kelamaan tidak kuat dan menjadi sakit šŸ˜¦
  • Manajemen waktu yang lebih baik. Andaikan saya menyelesaikan formatĀ salah satuĀ laporan minggu lalu, mungkin saya tidak akan tergesa-gesa seperti minggu ini. Memang, membuat format tersebut tidak mudah…tapi menambah waktu sedikit demi menyelesaikan satu target lebih awal sepertinya akan lebih baik daripada mengerjakan terburu-buru karena dikejar tenggat waktu.
  • Menjaga pikiran positif. Serius deh, ketika saya sakit, tertekan dan stress, amatlah mudah menjadi negatif dan menyalahkan siapapun, termasuk diri kita sendiri. Dan kalian tahu? Rasanya sama sekali nggak enak! Dengan mencoba berpikir positif bahwa kita bisaĀ menanganiĀ masalah yang terjadi, perasaan kita akan menjadi jauh lebih baik, dan akanĀ membuat kita menjadi jauh lebih kuat dan tegar dalam menyelesaikan persoalan kita.
  • Tingkatkan “asupan” rohani kita. Meski belum menjalankannya secara baik, saya tahu bahwa shalat dan berdoa adalah salah satu jalan terbaik yang bisa kita ambil ketika kita berada dalam situasi yang sulit. Semoga saya bisa terus memperbaikiĀ ibadah saya dan memperoleh asupan rohani yang baik dari waktu ke waktu, amin…..Ā šŸ™‚

Jadi…bismillahirrohmanirrohim…minggu yang akan datang, insya Allah saya siap bertemu denganmu! šŸ˜‰

Leave a Reply

