Pengennya merubah kebiasaan….

Kalimat itu sudah sering saya katakan kepada diri sendiri ketika saya berhadapan dengan kebiasaan buruk saya. Salah saya juga sih. Awalnya saya tidak pernah menyadari bahwa suatu kebiasaan itu buruk sampai saya merasakan kerugian akibat kebiasaan itu. Saat saya merasa kecewa itulah saya baru sadar bahwa apa yang saya lakukan selama ini tidak value-added, dan justru lebih banyak ruginya daripada untungnya. Kenyataannya, merubah kebiasaan buruk tidaklah semudah membalik telapak tangan.

Saya sering mendengar bahwa ada penelitian yang menunjukkan kebiasaan bisa dirubah dalam waktu 21 hari. Saya belum sempat menemukan detail penelitian tersebut, tapi saya berhasil menemukan beberapa situs yang juga mengulas mengenai perubahan / pembentukan kebiasaan dalam 21 hari (misalnya ini dan ini). Cukup menarik juga membaca beberapa situs mengenai perubahan kebiasaan. Membuat saya bersemangat dan yakin bahwa, saya bisa juga kok berubah!

Untuk membuktikannya, saya benar-benar ingin mempraktekkannya pada diri saya. Hitung-hitung resolusi tahun baru…sekaligus memperbaiki kebiasaan-kebiasaan saya yang kurang baik. Simpel aja sih, saya ingin menghilangkan kebiasaan saya untuk menunda sesuatu. Saya rasa hal itulah yang akhir-akhir ini sangat berpengaruh, baik dalam kehidupan pribadi ataupun pekerjaan. Mungkin agak susah mengukur apakah saya berhasil dalam menghilangkan kebiasaan ini… Jumlah kelalaian per bulan mungkin bisa jadi tolak ukurnya (maaf, lulusan teknik..jadi semua harus bisa diukur, hehehehe…).

Yang mungkin lebih mudah adalah membentuk kebiasaan tidur 6 jam. Yap, saya ingin sekali membentuk kebiasaan ini, karena saya rasa saya tidur terlalu banyak akhir-akhir ini. Akibatnya saya jadi sering bangun telat, dan badan juga tidak terasa segar. Kita lihat, apakah dalam 21 hari, saya bisa mengurangi jam tidur saya, dan juga mengurangi jumlah kelalaian yang terjadi akibat menunda-nunda. Saya tidak sabar untuk melakukan dan melaporkan hasilnya. Kira-kira hasilnya gimana yah?? Let’s see! 😀

P.S. Ada lagi nih referens yang bagus…lumayan buat baca2..jadi bikin semangat 🙂

2 thoughts on “Pengennya merubah kebiasaan….

Leave a Reply

