SPEAK UP!

Itu yang supervisor saya, MK, katakan sejak kemarin. Gara-gara pada saat meeting saya hanya terdiam dan tidak mendukung perkataannya ketika dia sedang berdebat dengan Ben. Sebenarnya bukan maksud hati saya untuk diam dan mengacuhkannya, namun sungguh, saya bingung apa yang harus saya katakan. Saya rasa saya kembali ke kebiasaan saya ketika kuliah, untuk diam dan tidak mengatakan apapun dalam suatu forum. Suatu kebiasaan yang saya tidak suka dan ingin sekali saya rubah.

Kebanyakan teman-teman saya memiliki kebiasaan yang sama dengan saya, untuk tidak bersuara dalam suatu forum. Alasannya tentu macam-macam; malas, takut atau apapun. Tapi satu yang saya tahu sama, adalah hal ini terbentuk sejak kami kuliah. Ya, kebetulan kampus tempat kami menuntut ilmu tidak mengajarkan atau mendorong para mahasiswanya untuk memiliki kemampuan mengutarakan pendapat dengan baik. Tentu saya tidak bisa menyalahkan kurikulum atau para pengajar seutuhnya; mereka hanya mengerjakan apa yang sudah mereka kerjakan bertahun-tahun lamanya. Berpikir kreatif belum menjadi kebiasaan di komunitas kita, terutama komunitas pendidik kita, jadi wajar jika tidak ada perubahan berarti pada kurikulum dari tahun ke tahun. Seharusnya semua kembali pada diri kita sendiri, apakah kita mau berubah atau tidak. Dan jika dirasa lingkungan kita tidak mendukung, seharusnya kita bisa berinisiatif mencari atau menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kita.

Setidaknya itulah yang saya pikirkan, meski kenyataannya tidak saya kerjakan saat kuliah dulu *nangis* *malu*. Saya jadi teringat salah satu quote, “The tragedy of life is not that it ends so soon, but that we wait so long to begin it” (Anom). Ya, kenapa harus menunggu jika sebenarnya kita bisa lakukan sekarang? Kenapa saya harus menunda jika saya mampu melakukannya dengan mengerahkan sedikit upaya? Tidak ada yang salah dengan berusaha keras, apapun hasilnya, yang penting kita sudah mencobanya, dan jauh di dalam hati, kita akan merasa puas karenanya.

Jadi, SPEAK UP? Siapa takut??? 🙂

Leave a Reply

