Iklan yang cerdas, ke mana kamuuu?? (bag 1)

Pertanyaan itu yang sering terlintas di benak saya ketika saya menonton TV. Tidak hanya baru-baru ini. Mungkin sudah beberapa tahun belakangan pikiran itu bergelayut manja di otak saya tanpa merasa perlu untuk menyingkir bahkan sejenak. Nggak heran juga sih. Dengan iklan-iklan produk yang makin tak kreatif dan monoton, para pemirsa TV yang cerdas tentunya akan memikirkan hal yang sama.

Mungkin kalian pikir saya berlebihan. Tapi coba, siapa yg tidak akan berpikir begitu jika kita melihat iklan nggak jelas ala homyped (di mana si titi kamal dan christian sugiono membandingkan pasangannya dgn sandal),atau iklan semir rambut yg kayanya dishoot di rumah sendiri dgn bantuan tetangga.

Iklan sabun, shampoo, pelembab, pemutih kulit? Bah! Sama semua konsepnya : itik berubah menjadi angsa. Konsep klise yg selalu dipakai dan disukai banyak wanita. Tidak jelek memang, tapi apakah mereka tidak ingin menampilkan sesuatu yang beda? Selain itu, iklan semacam ini juga dapat memberikan pemahaman yang salah bagi saudari kita yang mungkin secara latar pendidikan (maaf) tidak mencukupi. Mereka pikir kalau tidak putih, langsing, mancung, maka mereka tidak cantik! Berlomba-lombalah mereka membeli berbagai kosmetik, mulai yang aman sampai berbahaya! Apa itu yang bisa disebut iklan yang cerdas? (Bersambung)

Advertisements

One thought on “Iklan yang cerdas, ke mana kamuuu?? (bag 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s