Ketika harus keluar dari zona nyaman kita…

…maka yang terasa adalah perasaan gelisah, takut, merasa tidak aman, dan was-was. Mungkin ada sejuta perasaan lain yang mengiringi perasaan-perasaan itu, tapi kurang lebih akan mirip satu sama lain. Ya, hal yang sangat wajar, apalagi kita dipaksa bertemu dengan sesuatu yang sama sekali belum pernah kita sentuh. Kita dipaksa nyemplung ke area yang sama sekali tidak terbayangkan oleh kita. Dan siapa sih yang bisa menjamin bahwa sesuatu yang baru itu akan lebih baik dari apa yang kita miliki sekarang? Tidak ada kan?

Itulah yang akhir-akhir ini aku rasakan. Gelisah, berdebar, deg-degan…hanya dengan membayangkan bahwa sebentar lagi aku akan ‘nyemplung’ ke sebuah ‘kolam’ yang sama sekali baru. Kolam yang berbeda dengan yang aku tinggali sekarang. Kolam dengan penghuni yang jelas berbeda, dan kultur yang berbeda. Kolam yang kemungkinan akan menerima aku dengan tangan terbuka…atau sebaliknya : melahap aku bulat-bulat dengan sekali makan… HAP! (meski agak kusangsikan juga sih…dengan badan sebesar aku, apa ya bisa mereka makan aku denagn sekali makan, hehehehe… :P).

Namun, meski gelisah, meski khawatir, meski was-was…ada sedikit gejolak yang muncul dari hati yang paling dalam. Gejolak untuk merasakan tantangan baru, merasakan lingkungan baru…merasakan bagaimana berjuang lagi dari awal untuk dapat beradaptasi di lingkungan baru.

Mungkin aku akan menangis, mungkin aku akan marah, mungkin aku akan kecewa. Tapi bukan tidak mungkin aku akan tertawa, aku akan tersenyum, dan bukan tidak mungkin aku akan menangis bahagia……

Jadi….keluar dari zona nyaman….rasanya aku berani menghadapinya 🙂

Leave a Reply

