Review Film : The Accidental Husband (2009)

Judul Film : The Accidental Husband
Pemain : Uma Thurman, Jeffrey Dean Morgan.
Tahun  : 2009

Meski film ini sudah saya tonton sejak lama, tapi entah kenapa saya ingin membuat reviewnya. Mungkin semacam pelampiasan karena sudah lama tidak menulis review mengenai film ataupun buku, sehingga apapun yang saya tonton harus masuk daftar review saya, haha.

Sedikit mirip dengan The Ugly Truth (bagi yang sudah menonton), film ini tidak jauh-jauh berhubungan dengan tema hubungan pria dan wanita (namanya juga film komedi romantis yah, mirip semuanya, hehe). Tokoh utamanya juga seorang wanita, dalam hal ini seorang konsultan dalam hubungan pria dan wanita bernama Emma Llyod (Uma Thurman). Dengan berbagai riset yang ia lakukan, ia selalu berhasil meyakinkan para pendengar acara radionya supaya mengikuti apa yang ia sarankan, termasuk memberi ultimatum putus pada pasangannya meski mereka, para wanita itu, hanya selangkah menuju jenjang pernikahan. Sesuatu yang amat merugikan bagi kaum pria.

Ternyata kesialan itu menimpa seorang pemadam kebakaran (PMK) bernama Patrick (Jeffrey Dean Morgan). Akibat mendengarkan saran Emma, sang tunangan memutuskan untuk membatalkan rencana pernikahan mereka, hanya berselang beberapa hari sebelum pelaksanaannya.

Merasa marah dan tersakiti, Patrick memutuskan untuk memberi Emma sedikit pelajaran dengan melakukan pembajakan terhadap status Emma di kantor catatan sipil, dan mencatatkan dirinya sendiri sebagai suami dari Emma.

Maka bayangkan betapa terkejutnya Emma, ketika suatu hari dia menemukan bahwa dia sudah tercatat menikah dengan Patrick. Padahal dia sudah memiliki tunangan, dan pernikahannya hanya tinggal menghitung waktu. Emma pun harus pontang-panting mencari Patrick untuk menandatangani surat cerai sebelum ia bisa melangsungkan pernikahan.

Lalu apakah Emma berhasil membuat Patrick menandatangani surat cerainya dengan sukarela? Atau justru Patrick berhasil membuat Emma sadar bahwa hubungan pria-wanita tidak sesederhana riset yang bertahun-tahun ia kerjakan?

Dibandingkan The Ugly Truth, saya lebih suka alur dari film ini, karena lebih jelas dan lebih terarah. Jalinan peristiwa yang terjadi juga cukup masuk akal, meski (tentu saja), rasa suka yang timbul di antara mereka rasanya terlalu sempurna untuk terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Tapi tentu saja, film ini adalah film komedi romantis! Apalagi yang harus diprotes dari tema yang sudah jelas ini?

Bagi saya pribadi, faktor yang membuat film ini sedikit tertolong adalah adanya Uma Thurman sebagai pemeran karakter utama wanita. I really love her! Dia cantik dengan caranya sendiri, dan memiliki karakter yang cukup kuat untuk bisa menunjukkan jati dirinya sepanjang film. Saya tidak bisa melupakan Emma, yang sangat percaya diri, suka mengatur dan sangat percaya dengan teori-teori yang dia miliki. Dan yang penting, saya percaya bahwa dia percaya apa yang dia katakan adalah benar.

Sedangkan Patrick? Saya cukup menyukai karakternya. Jeffrey Dean Morgan cukup bisa menampilkan sosok Patrick sebagai seorang pria biasa dengan keunikannya sendiri. Bahkan sang sutradara sampai merasa perlu menunjukkan keunikan itu dengan menggambarkan Patrick yang memiliki teman-teman berkebangsaan India yang sudah dia anggap keluarga sendiri, dan begitu pula sebaliknya. Satu hal yang sebenarnya cukup klise untuk ditampilkan, namun cukup efektif meramaikan suasana di film ini.

Overall, film ini cukup menyenangkan untuk ditonton. Alurnya cukup baik, dan jalinan peristiwa terjalin cukup jelas dan dalam porsi yang masuk akal. Salah satu pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu di kamar ketika tidak ada acara pada akhir pekan.

Advertisements

2 thoughts on “Review Film : The Accidental Husband (2009)

  1. Hello Niken…

    Suka komedi romantis jg kah?? Kak Lona jg…recommended The ugly truth deh..lutu…film lama sih..tp 5 stars deh…

    • Halo kak…
      Iya, aku suka komedi romantis, hehe… :p
      Aku dah nonton The Ugly Truth, emang lucu banget…aku sampe ketawa2 sendiri, hehehehe…
      Berarti kita sama nih tipe film kesukaannya. Bisa nonton bareng kapan2, hehehe.. 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s