Review film : Alice in Wonderland (2010)

Judul film : Alice in Wonderland
Pemain : Mia Wasikowska, Johnny Depp, Helena Bonham Carter, Anne Hathaway
Sutradara : Tim Burton
Tahun : 2010

Sejak saya pertama kali menonton Nightmare Before Christmas, entah kenapa saya merasakan ketertarikan yang sangat kuat pada film-film Tim Burton. Tentu, film-film buatannya rata-rata aneh, dan seringkali berkesan gloomy dan gelap. Namun justru itu yang menjadi daya tarik tersendiri untuk saya. Apalagi ketika dia bekerja sama dengan Johnny Depp seperti dalam Charlie and the Chocolate Factory (how I love that movie! *smile*), keanehan itu makin bertambah dan makin menambah daya tarik film tersebut. Seperti sebuah coklat, film hasil kolaborasi mereka berdua umumnya memberikan sensasi menyenangkan yang tak terlupakan untuk saya. Dan sensasi seperti itulah yang saya harapkan ketika saya menonton Alice in Wonderland.

Coba tebak? Saya tidak mendapatkan sensasi itu! Memang benar, penggambaran tokoh dan latar belakang film tersebut luar biasa indah, dengan warna-warna cerah bernuansa gelap yang menurut saya sangat khas Burton. Latar belakang musik yang digunakan pun cukup pas dengan situasi yang tergambar, dari satu scene ke scene lain. Namun secara cerita, hohoho, tunggu dulu! Diceritakan bahwa Alice, yang sejatinya pernah berkunjung ke Underland ketika dia kecil dulu, kini sudah dewasa, dan harus mengambil keputusan besar dalam hidupnya. Dia dilamar oleh putra dari salah seorang kenalannya, dan berada dalam kebimbangan untuk menerima atau menolak lamaran tersebut ketika dia bertemu dengan sang kelinci putih, tokoh penting yang akan membawanya kembali ke Underland. Alice dibutuhkan untuk menggulingkan kembali kekuasaan Red Queen (Helena Bonham Carter), yang telah membawa banyak keburukan bagi para penghuni Underland. Dengan bantuan dari Mad Hatter, Cheshire Cat, White Queen dan para penentang Red Queen, Alice pun berusaha untuk memenuhi ‘kewajiban’nya menggulingkan Red Queen. Lalu berhasilkah Alice? Dan bagaimana nasib lamaran yang menantinya?

Yang menyebalkan dari film ini adalah Alice, yang seharusnya menjadi tokoh utama di film ini, malah bernasib seperti Bella di Twilight : jadi tokoh yang sangat amat nggak penting! Bahkan sejujurnya, menurut saya, tanpa dia perlu berkata apa pun, cukup diam dan bergerak mengikuti apa yang diucapkan tokoh lain, film ini sudah akan berjalan dengan baik. Begitu tidak berkesannya tokoh Alice, sampai saya lupa bahwa film ini mengenai Alice. Rasanya lebih cocok jika diberi judul “Underland” atau “White Queen VS Red Queen”. Bagaimanapun ada satu scene yang membuat saya terkesan, yaitu ketika si Alice mengenakan baju zirah untuk bertarung melawan monster milik Red Queen. Di saat itulah saya merasakan kesan yang kuat dan mendalam, seolah saya sedang menatap Joan the Arc.

Mad Hatter, yang diperankan oleh Depp, sejatinya juga sangat menarik. Namun entah kenapa, kesan yang muncul tidak sekuat ketika saya menonton Charlie & The Chocolate Factory. Ada sesuatu yang kurang dalam penampilan Depp. Saya bahkan lebih ingat kepada Cheshire the Cat dan White Queen dibandingkan Mad Hatter. Kemunculan Ches yang selalu menggemaskan dan juga gaya berbicara White Queen yang sedikit ‘lebai’ terus terkenang setelah film selesai, dibandingkan gaya bicara Mad Hatter yang aneh dan seolah kerasukan setiap kali dia merasa marah.

Secara keseluruhan, saya cukup menyukai film ini, namun tidak sebesar rasa suka saya pada film Burton-Depp yang lain. Ada sedikit rasa kecewa karena Depp tidak bisa se-mempesona ketika dia bermain di CATCF atau Sweeney Todd. Meski demikian, keindahan animasi, warna-warna yang muncul dalam seluruh detail film, dan tingkah lucu Ches serta White Queen membuat film tersebut cukup OK untuk ditonton sebagai hiburan di kala senggang.

4 thoughts on “Review film : Alice in Wonderland (2010)

Leave a Reply

