Andaikan saya memiliki sebuah kamus ajaib….

Kamus ajaib itu dapat memberikan ke saya semua jawaban dari semua pertanyaan yang ada di benak saya. Mungkin lebih tepatnya bukan jawaban, tapi solusi atau tindakan yang harus saya lakukan dalam menghadapi semua permasalahan saya.

Hidup akan terasa lebih mudah, karena saya tidak harus pusing berpikir dan merenung lagi mengenai langkah apa yang harus saya ambil setiap harinya. Saya juga tidak perlu bingung memilih orang yang tepat untuk saya ajak sharing dan saya mintai pendapat mengenai masalah saya (karena kita tahu, sharing pada orang yang salah juga tidak akan menyelesaikan masalah. Yang ada masalah malahan akan menjadi besar… ).

Yang jelas, saya akan terhindar dari kemungkinan menyakiti perasaan orang lain karena keputusan yang saya ambil pasti akan menyenangkan semua pihak (dengan asumsi bahwa si kamus mempertimbangkan semua aspek ketika menyarankan sebuah langkah atau tindakan).

Andai kamus itu saya miliki, saya akan lebih bebas menikmati hidup….

Namun saya berpikir ulang, dan saya sadari, apa benar semua akan berjalan semulus itu?

Dengan tidak mencoba berpikir apa solusi yang tepat, maka saya menyia-nyiakan otak yang saya miliki.

Dengan tidak mencoba memikirkan apa perasaan orang lain ketika saya mengambil sebuah tindakan, maka saya menyia-nyiakan nurani dan hati yang sudah dianugerahkan oleh Allah SWT.

Dan dengan tidak mencoba melakukan sebuah usaha dalam menghadapi suatu permasalahan dalam hidup, maka sebenarnya saya tidak mensyukuri hidup itu sendiri.

Hidup adalah sebuah jalan dengan banyak pilihan, di mana kita dipaksa untuk belajar membuat pilihan, dengan mempertimbangkan banyak hal; entah dengan menggunakan logika ataupun secara emosional. Pengaruh atau hasil apa yang akan muncul, itu di luar kemampuan kita untuk meramalkannya (meskipun secara logika atau perhitungan matematis mungkin saja diramalkan). Namun itulah yang menarik dari seni mengambil suatu keputusan.

Andaikan saya mempunyai sebuah kamus ajaib, apa mungkin saya akan merasakan banyak hal yang mempengaruhi emosi saya ketika mengambil sebuah keputusan? Ya, saya rasa tidak. Dan padahal itu yang ingin saya rasakan ketika menjalani hidup yang cuma sekali ini.

Jadi…kamus ajaib? Untung saja tidak pernah ada barang semacam itu di dunia ini πŸ˜€

(also posted on my facebook)

3 thoughts on “Andaikan saya memiliki sebuah kamus ajaib….

Leave a Reply

