Ramadhan; kesempatan yang sering kita sia-siakan

Bukan bermaksud mendramatisir atau apa, tapi mari kita berkaca sejenak pada kenyataan yang ada. Contoh yang paling mudah adalah saya sendiri. Ya, saya yang awalnya sangat bersemangat dengan datangnya bulan Ramadhan, hanya mampu mempertahankan ketertarikan saya, semangat saya, keinginan saya untuk mengisi Ramadhan dengan baik pada sepuluh hari pertama saja (malah mungkin kurang…). Setelahnya? Kerja, kerja, kerja. Belanja, belanja, belanja. Bersantai, bersantai, bersantai. Memilih shalat tarawih di rumah daripada di masjid (oke, untuk hal ini, mungkin untuk setiap orang berbeda pendapat.. hanya bagi saya pribadi, saya sebenarnya berniat untuk rajin shalat tarawih di masjid).

Padahal, bulan Ramadhan datang hanya setahun sekali. Bulan di mana kita diberi kesempatan untuk beribadah sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan ridha dan pahala dari Allah SWT, Sang Pencipta Alam. Kesempatan kita untuk mengajukan proposal kepada Sang Pencipta untuk menghapus dosa-dosa kita, baik yang kecil, maupun yang besar. Bulan di mana kita ditantang untuk berubah, untuk menghilangkan kebiasaan buruk kita dan menggantinya dengan yang lebih baik dan bermanfaat. Bulan yang super duper luar biasa! Dan kita diberi kesempatan untuk menjalaninya, Subhanallah…

Namun kenyataannya? Ya seperti yang saya tulis di paragraf pertama. Saya lebih fokus untuk urusan duniawi saya dengan memisahkan urusan ibadah saya. Padahal sejatinya, kedua urusan itu terikat satu sama lain, seperti sepasang kekasih yang jari manisnya terhubung oleh benang merah pengikat kasih. Duniawi-ibadah : 1 item. Toh kenyataannya, saya masih mengabaikannya.

Semoga di sepuluh hari kedua ini saya (dan Anda semua) juga bisa menjadi lebih baik lagi, lebih sadar, lebih memanfaatkan kesempatan yang diberikan secara cuma-cuma kepada kita (tanpa bayar pula! ya Rabb, luar biasa! :D). AMIN… 🙂

Btw, gimana kabarnya semua nih? 🙂

Leave a Reply

