Baru hari kedua masuk kerja lagi…

…dan saya sudah “dikeramas” habis-habisan selama dua hari tersebut. Dengan kondisi badan yang tidak fit, dan otak yang belum “tune in”, rasanya masuk akal jika saya ingin berteriak dan melempar semua barang yang ada di sekeliling saya ketika mendapat “keramas” dari dua orang langsung, manajer direct saya, dan satu manajer lain yang, yah, memang posisinya di atas saya, tapi bukan atasan direct saya (nyambung ga ya???). Untungnya, karena mengingat ini masih di bulan Syawal, dan karena tidak ingin merusak hasil bersabar dari bulan Ramadhan sebelumnya (ehem!!!), maka saya urungkan niat tersebut (meski tidak menutup kemungkinan batalnya niat melempar barang itu lebih dikarenakan kepala yang mumet dan tidak bisa berpikir jernih.. :P).

Baru hari kedua, dan saya sudah merasa sangat lelah. Setiap pagi saya berkutat dengan radang tenggorokan yang parah, meski anehnya, menjelang siang, justru radang tersebut agak mendingan. Tapi di pagi harinya, yah, begitulah, kembali membengkak tenggorokan saya, sampai-sampai saya kesulitan berbicara tanpa menelan ludah untuk menetralisir sakitnya (serem juga nggak sih? T_T ).

Di waktu inilah saya merasa betapa beratnya bekerja itu. Tak peduli seperti apa kondisi kita, atasan (dan mungkin perusahaan) akan menuntut terus hasil terbaik dari kita. Terus. Dan terus. Mungkin ketika kita sudah ambruk karena kelelahan, barulah mereka akan sadar dan bergumam, “Ealah, kamu tadinya sakit tho? Mbok ya ngomong….”. Dan meski awalnya sedikit panik karena kita akan absen kerja sementara (karena ambruk tadi), mereka akan mencari pengganti kita (tentunya sementara dong!!!) sampai kita masuk kembali (apalagi kalau kita adalah key person di tempat kita). Yang saya agak nggak sreg, apa ya harus sampai ambruk dulu? Apa nggak ada prevention action sebelum karyawan kita sakit dan nggak masuk berhari-hari? Atau mungkin itu pun sudah dianggap ketidakefektifan bekerja ya?

*garuk2 jidat*
Akhirnya ngomongnya rada ngelantur juga. Maklum, pagi2 sudah sampe kantor, tenggorokan gatel dan sakit banget, kaya ada yang nggaruk2 di dalamnya (hiiiii..), otomatis otak juga rada terganggu (apa ada hubungannya ya??).

But anyway, buat semuanya, met lebaran (lagi) ya…. Maafkan kalau ada salah. Gimana liburannya???

Leave a Reply

