Kenapa kerja kok bikin bete ya?

Yak. Sekarang aku ngerti kenapa orang-orang (atau temen2) yang udah kerja justru kangen banget ama bangku kuliah. Karena di bangku kuliah kita cuma mikir dapet nilai bagus! Ngerjain tugas, ikut ujian, ikut responsi, dll. Udah gitu kuliah nggak full selama seminggu! Seringkali ada 1 atau 2 hari yang kosong, belum lagi sabtu dan minggu libur. Bisa dibilang, mahasiswa punya waktu santai paling banyak dibanding dengan strata pendidikan yang lain.

SEKARANG, di tempat kerja pertamaku ini, di mana awalnya aku mengeluh-ngeluh karena belum dapat kerjaan yang bener, mendadak aja aku dapat beberapa tugas yang menumpuk. DROP, DROP, DROP! Kaya kejatuhan buah mangga dari pohonnya tanpa ada pemberitahuan sebelumnya (ya iyalah, kalo nggak, masa namanya tugas mendadak?). Yang bikin sebel dari pekerjaan itu adalah, kita harus berusaha sendiri! Dari nol, mempelajari semuanya sampe bener-bener ngerti, apa sih yang sebenernya harus kita kerjakan? Orang gak akan peduli ama kita, kecuali kalo kita bikin kesalahan. Kita harus proaktif, tanya semua orang yang memungkinkan untuk ditanyai.

Sebenarnya, proses itu bagus untuk pendewasaan kita. Aku juga tahu itu. Hanya saja bagaimana proses itu berjalan…. Nggak tahu deh. Rasanya nggak sreg aja, dan menyebabkan aku jadi bete. Apa karena aku masih membawa-bawa sifat mahasiswa yang harus disuruh-suruh dulu baru jalan? Mungkin ya. Tapi sekarang aku juga disuruh kok. Terus apa bedanya ya? Apa sih faktor X yang menyebabkan aku jadi “risih” dan bete di kantor sore ini?

Aku bener-bener nggak mudeng. Di satu sisi, ada bagian dari diriku yang merasa tertantang untuk melakukan tugas-tugas itu (ada 1 atau 2 tugas yang bikin aku penasaran gimana cara ngerjainnya). Tapi ada juga yang nggak membangkitkan semangat sama sekali (apalagi waktu si atasanku ngasih kata2 macem2 waktu ngasi tugas aku. Bikin tambah bete…).

AAAHHH! Apa sih yang salah? Apa reaksiku itu normal? Atau nggak? Anyone, advise????

10 thoughts on “Kenapa kerja kok bikin bete ya?

  1. yah..
    selamat datang di dunia kerja, mbei..
    welcome to da real world!!

    dan perasaan ky gt wajar kok, mbei..
    aplg kmu bru kerja.. lama2 kmu akn terbiasa..
    that’s why i worked and still study.. repot sih.. tp membawa nikmat XD

  2. XD
    Kok kaya istilah sengsara membawa nikmat gitu ya..
    Iya, kayanya aku masih kena culture shock karena transisi dari mahasiswa ke dunia kerja. Kelamaan kuliah bikin agak lambat beradaptasi nih.. *ngeles* 😛

  3. @ubadbmarko : Iya, bener juga mas. Ada beberapa pekerjaan yang menurut saya menarik, dan saya bener2 ga sabar ngerjainnya. Tapi ada pekerjaan lain yg, baru denger aja, udah ogah. Mungkin bener juga ya, tergantung tingkat sreg-nggak sregnya.

    Tapi gimana biar dari nggak sreg jadi sreg ya? Kan kerjaan gimanapun harus kelar semua? *minta nasehat* 😀

  4. Yang penting kuasai bidang kerjaanya, bikin inovasi baru dibidang kerjaan tersebut, contohnya : jika cuci piring biasa pake sabun colek, coba tambahin pake lemon. Soalnya jika kerjaan hasilnya lebih bagus dari biasanya, lambat-laun tertarik juga.
    Salam dari Bandung.

  5. yang penting kuasai kerjaanya, atau bikin inovasi baru ma kerjaan tersebut, contoh : jika niken biasa cuci piring pake sabun colek, cobain dech pake lemon, biasanya kalo kerjaan lebih baik dari yang biasanya dikit-dikit jadi lebih disukai, selamat berkarya, salam dari bandung.

  6. @ubadbmarko : *manggut-manggut*
    Makasih masukannya ya mas. Saya sekarang berusaha memahami dan menguasai pekerjaan saya. Lambat, tapi pasti, saya mulai merasa nyaman dengan pekerjaan ini.. 😀
    Salam balik dari Cikarang, mas 😀

  7. Emang di sini panas sih, tapi nggak terlalu panas kok pak…Mungkin karena akhir2 ini sering hujan ya?
    Kalo Bandung pasti dingin ya.. 😀
    Pengen jalan2 ke Bandung, he3..

  8. Bandung sekarang ga seadem dulu lagi, tapi ya masih ada sejuk-sejuk lah dikit, week end donk ke bdg, cikarang-bdg, cuman sejam nyampe kok lewat cipularang. ntar cari batagor di ciwalk he..he..

Leave a Reply

